Politik

Pencairan Dana Pilkada Kota Serang Tahap Dua Dicairkan Juni, Ini Totalnya!

- Advertisement -

KOTA SERANG,- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang kembali akan mencairkan dana cadangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahap dua sebesar 60 persen atau sekitar Rp20,75 miliar pada Juni 2024 mendatang.

Dimana sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang telah menerima dana hibah sebesar Rp28 miliar untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Penjabat (Pj) Walikota Serang Yedi Rahmat mengungkapkan berdasarkan surat edaran (SE) Kemendagri bahwa anggaran hibah untuk pilkada tahun 2024, bisa dicairkan paling tidak 5 bulan sebelum pelaksanaan.

“Jadi sebelum pelaksanaan sudah bisa ditransfer. Melihat batasan maksimal realisasi anggaran hibah yang tahap II ini paling telat pada 27 Juni mendatang”, kata Yedi, di Pemkot Serang, Senin (13/05)

Yedi juga menyampaikan, 40% dana hibah tahap satu atau setara dengan 28 sudah dicairkan pada 2023 untuk sosialisasi Pilkada, bimbingan teknis, belanja logistik dan lain-lain. Sehingga sisa 60% anggaran hibah bisa segera bisa direalisasikan untuk pilkada tahun 2024

“Perlu kita ketahui terkait dengan besaran anggaran hibah 28 milyar untuk KPU tahap satu baru sekitar 40%. Sehingga sisa 60% anggaran hibah bisa segera bisa direalisasikan untuk pilkada tahun 2024”, ujar Yedi

Ketua KPU Kota Serang Nanas Nasihudin mengatakan, saat ini KPU Kota Serang telah melakukan tes tertulis melalui metode Computer Assisted Test (CAT) dalam seleksi Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024.

“Saat ini dilaksanakan tahapan wawancara bagi calon PPK. Dan peserta yang ikut tes CAT itu sekitar 534 peserta yang daftar. Dan wawancara PPK dilaksanakan tanggal 11,12,13 Mei 2024”, kata Nanas.

Seiring dengan proses tahapan Pillada yang telah dimulai, Nanas meminta agar Pemkot Serang dapat segera merealisasikan anggaran hibah untuk tahapan pilkada tahun 2024.

“Terkait Anggaran dana agar bisa segera direalisasikan untuk tahapan pilkada tahun 2024, sehingga dalam nanti proses tahapan pilkada ini berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan”, tutup Nanas Nasihudin. (Nani)

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga