Berita Daerah

Feby Lukito Penyumbang Oksigen di Kampung Saungkuriang

Kini, Kampung Saungkuriang mampu menyumbang oksigen yang bersih dan sehat bagi lingkungan

- Advertisement -

Impresinews.com (Kota Tangerang)-Membangun kawasan penghijauan, di lingkungan perumahan, Warga RW 01, Perumahan Poris Indah, Kelurahan Cipondoh Indah, Kecamatan Cipondoh sukses membangun Kampung Saungkuriang, sebagai paru-paru Cipondoh.

Pengurus Kampung Saungkuriang, Feby Lukito, mengungkapkan, Kampung Saungkuriang dibangun sejak 2017, atas inisiasi warga untuk menyukseskan program Pemkot Tangerang yaitu Kampung Tematik. Memiliki lahan tidur yang awalnya kurang terurus, yang akhirnya kini mampu menjadi kawasan hijau dan asri.

“Kami mulai dari mengolah 20 persen, hingga saat ini sudah menghijaukan 80 persen dari luas 5800 meter persegi. Beragam jenis tanaman ada disini, terutanama jenis tanaman produktif. Mulai dari sayur mayur hingga toga. Kini, Kampung Saungkuriang mampu menyumbang oksigen yang bersih dan sehat bagi lingkungan,” ungkap Feby, Senin (5/4/21).

Kata Feby, dalam pengembangannya Kampung Saungkuriang punya pojok baca, KWT, budidaya maggot hingga peternakan ayam. “Kami ingin, Kampung Saungkuriang dikenal sebagai wilayah bercocok tanam, penghijauan dan peternakan. Selain sebagai kawasan wisata, juga bisa menjadi lahan belajar masyarakat,” katanya.

Beragam jenis tanaman dapat ditemui di Kampung Saungkuriang. Namun, ada satu yang menjadi daya tarik yaitu pertanian hidroponik, menggunakan media air setinggi tiga meter. Tak hanya itu, saat ini Kampung Saungkuriang pun tengah mengembangkan budidaya strawberry dan sayur mayur hidroponik yang nantinya, bisa menghasilkan bagi warga sekitar.

“Kami berharap, kampung ini dapat terus menjadi kampung percontohan, kampung yang terus hijau di tengah hiruk pikuk perkotaan,” harap salah seorang pengelola Kampung Saungkuriang, Mikhael. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga