Wisata

Melihat Kemeriahan Festival Mookervaart 2024 di Kota Tangerang

- Advertisement -

KOTA TANGERANG,- Ratusan pengunjung memenuhi Hutan Kota Tangerang, Kamis (30/5/24). Mereka larut dalam kemeriahan Festival Mookevaart tahun 2024. Festival ini menjadi agenda tahunan Kota Tangerang untuk mengangkat keberadaan Kali Mookervaart sebagai saluran air bersejarah yang menghubungkan Kali Angke dan Sungai Cisadane.

Festival Mookervaart dibuka langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin yang ditandai dengan pelepasan burung emprit bersama para budayawan dan Forkopimda Kota Tangerang.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rizal Ridolloh menjelaskan, Festival Mookevaart tahun ini merupakan kali ketiga digelar dengan rangkaian yang berbeda-beda. Kali ini, selain melibatkan banyak budayawan, juga dimeriahkan dengan ragam penampilan kekayaan kebudayaan yang dimiliki Kota Tangerang.

“Tadi, pembukaan dibuka dengan penampilan Tari Saman, Palang Pintu hingga Silat Be’si Tangerang. Tak sampai di situ, di area Festival Mookevaart juga hadir sejumlah stand yang menyajikan ragam karya pelajar Kota Tangerang hingga karya seni masyarakat Kota Tangerang,” jelas Rizal.

Lanjutnya, di hari pertama juga berlangsung dialog sejarah dan kebudayaan terkait Kali Mookervaart. Meghadirkan Mushab Abdu As Syahid, Balai Pelestarian Kebudayaan VIII dan Oey Tjin Eng. “Sedangkan kemeriahan kebudayaan lainnya, di hari pertama juga berlangsung penampilan tehyan, karinding, wayang golek hingga debus,” kata Rizal.

“Festival Mookervaart 2024 masih akan berlangsung hingga Jumat (31/5) besok, dengan sederet aksi dan penampilan yang tak kalah menarik seperti hari pertama,” sambungnya.

Ia pun berharap, Lewat Festival Mookervaart bisa merawat ingatan relasi saluran air dengan sejarah Kota Tangerang itu sendiri. “Tak terkecuali, sebagai momentum untuk meningkatkan rasa kepedulian masyarakat sekitar terhadap kelestarian Kali Mookervaart,” tutup Rizal.

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga