Edukasi

Cara Mengatasi Rasa Bersalah karena Gagal Mudik

- Advertisement -

Lebaran tahun ini tidak bisa mudik ke kampung halaman? Jangan sedih berlarut-larut, simak cara mengatasi rasa bersalah akibat gagal mudik di sini.

Mudik lebaran adalah momen yang dinanti oleh banyak orang untuk bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Melepas rindu kepada orang-orang tersayang di rumah adalah motivasi yang kuat bagi seseorang untuk mengupayakan mudik.

Bagi perantau yang bekerja, hal ini juga didukung dengan waktu libur yang panjang dan bonus yang diberikan oleh kantor. Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki kesempatan untuk pulang kampung dan bahkan gagal mudik karena beberapa alasan.

Alasan gagal mudik yang sering dijumpai adalah tidak mendapatkan tiket perjalanan, waktu libur yang terbatas, kondisi keuangan yang sedang tidak sehat, atau faktor kesehatan yang tidak memungkinkan perjalanan jauh.

Rasa bersalah akan muncul ketika orang-orang tersayang menanyakan kepulanganmu, tapi belum bisa memenuhi harapan dan melepas rindu dengan mereka.

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan mengelola rasa bersalah karena gagal mudik.

1. Sadari dan Maknai Positif Rasa Bersalah

Rasa bersalah secara psikologis muncul ketika kamu melakukan yang seharusnya tidak dilakukan atau merasa bertanggung jawab atas sesuatu yang tidak berjalan baik.

Rasa bersalah menandakan kamu memahami jika perlu ada perbaikan dan pembelajaran untuk kedepannya.

Rasa bersalah karena gagal mudik lebaran bisa menjadi pelajaran untuk lebih matang dalam merencanakan pulang kampung, baik dari segi waktu, biaya, dan kesehatan. Maknai rasa bersalah sebagai pembelajaran dari kegagalan.

2. Minta Maaf pada Keluarga

Rasa bersalah dan kecewa kepada diri sendiri mungkin juga dirasakan oleh keluarga kamu di kampung halaman. Sampaikan maaf kepada keluarga karena belum bisa mudik pada lebaran tahun ini dengan alasan yang sebenarnya dan spesifik.

Meminta maaf dan dimaafkan oleh keluarga dapat membuatmu merasa lebih tenang dan tidak dihantui oleh rasa bersalah terlalu lama karena gagal mudik lebaran.

3. Hargai Niat dan Usaha yang Dilakukan

Tentu kamu memiliki niat dan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa merayakan lebaran dan merencanakan mudik.

Gagal mudik bukan berarti kamu tidak melakukan apapun, tapi karena situasi dan kondisi yang membuat niat baikmu belum terlaksana.

4. Tidak Berlarut-larut Menyalahkan Diri Sendiri

Kondisi keuangan atau ada tuntutan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan adalah alasan gagal mudik yang paling sering dan banyak terjadi.

Bagi kamu yang gagal mudik karena hal tersebut, sadari bahwa banyak hal yang tidak bisa kendalikan dan mengikuti seluruh keinginanmu. Alasan belum bisa mudik adalah tanggung jawab atau kondisi yang tidak bisa dihindari.

Jangan sampai kamu justru menyalahkan diri sendiri. Berikan waktu untuk dirimu menerima kenyataan bahwa ada tanggung jawab yang lebih penting dan harus dikerjaan saat momen lebaran tahun ini.

5. Komunikasi Virtual dengan Keluarga

Gagal mudik ke kampung halaman bukan jadi hambatanmu bersilaturahmi dengan keluarga.

Perkembangan teknologi saat ini memudahkanmu untuk tetap terhubung secara virtual dengan keluarga dan kerabat di kampung ketika lebaran.

Komunikasi virtual dengan video call atau telepon dapat mengobati rasa rindumu dengan keluarga di kampung halaman karena gagal mudik.

6. Kirimkan Bingkisan kepada Keluarga

Mengirimkan bingkisan kepada keluarga saat kamu tidak bisa mudik adalah usaha yang bisa diupayakan untuk mendukung dan hadir momen lebaran. Kamu dapat mengirimkan pakaian, makanan, atau sesuatu yang khas saat lebaran di keluargamu.

Dengan kamu mengingat dan menghadirkan bingkisan tersebut saat lebaran menjadi usahamu terlibat dalam momen lebaran bersama keluarga.

7. Rencanakan Mudik Lebih Matang Tahun Depan

Gagal mudik pada momen lebaran disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari hal yang bisa kamu kendalikan sampai dengan sesuatu di luar kendalimu. Kesalahan atau kurangnya persiapan di tahun ini menjadi pembelajaran untuk tahun depan.

Kamu dapat merencanakan mudik lebih matang untuk lebaran tahun depan dengan belajar dari kesalahan atau kegagalan mudik pada tahun ini tanpa harus menyalahkan banyak pihak.

8. Lebaran Bersama Kerabat Terdekat

Karena gagal mudik bukan berarti harus merayakan lebaran sendirian. Kamu dapat mengunjungi atau berkumpul bersama teman-teman atau kerabat yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggalmu saat ini.

Gagal mudik juga bukan berarti lebaranmu tidak akan menyenangkan dan bermakna. Kira-kira, apa yang sudah kamu siapkan untuk menyambut lebaran tahun ini?

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga