Kesehatan

Tiga Kali Operasi Batu Ginjal, Nasir Mengaku Terbantu Program JKN dari BPJS Kesehatan

- Advertisement -

KOTA SERANG,- Sejumlah peserta BPJS Kesehatan merasakan manfaatkan dari Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sebab program tersebut memberikan kemudahan bagi para peserta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Banyak respon positif masyarakat yang memberikan tanggapan kepuasan mengenai layanan Program JKN, antara lain pengalaman mereka dalam mendapatkan layanan kesehatan yang lebih mudah, praktis dan perlakuan yang setara.

Kepuasan layanan kesehatan melalui BPJS Kesehatan turut dirasakan oleh Nasir (58) pasien asal Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang-Banten.

Pasien dengan penderita penyakit batu ginjal itu sudah menggunakan Program JKN selama lima tahun. Ia menggunakan layanan dari BPJS Kesehatan tersebut setiap kali periksa dan kontrol ke Rumah Sakit Swasta di wilayah Ciruas, Kabupaten Serang.

“Sudah lima tahun punya penyakit batu ginjal dan sudah tiga kali operasi tapi alhamdulilah nya ini semua ditanggung BPJS Kesehatan. Kalau biaya mandiri mah saya gak punya uang” kata Nasir, Senin (15/01)

Nasir juga mengungkapkan, dirinya mendapatkan layanan kesehatan dengan lebih mudah dan praktis terlebih sejak dirinya menggunakan Aplikasi Mobile JKN pada tahun 2022 lalu.

“Anak saya yang urus semua. Tapi katanya sekarang tidak perlu kartu fisik BPJS Kesehatan lagi, cukup dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital dari aplikasi (Mobile JKN) sudah bisa berobat pakai BPJS Kesehatan,” kata Nasir.

Menurutnya, meningkatnya pelayanan BPJS Kesehatan khususnya yang terbaru dapat memberikan kemudahan pasien dalam proses registrasi. Saat berobat, pasien juga diberikan layanan kesehatan dengan perlakuan yang setara.

“Bisa lebih cepat prosesnya. Pasien juga tidak di beda-bedakan. Alhamdulilah dengan biaya gratis saya masih bisa mendapatkan fasilitas kesehatan bahkan sampai tiga kali operasi dan semua sangat memuaskan,” kata Nasir.

Nasir juga mengungkapkan, kepuasan terhadap pelayanan BPJS Kesehatan tersebut juga dirasakan oleh tetangganya yang juga sudah menggunakan Aplikasi Mobile JKN.

“Tetangga saya juga pada pake BPJS, dan katanya sudah pada menggunakan Aplikasi (Mobile JKN) semua. Bagus dan mudah digunakan saat periksa kesehatan,” tuturnya.

Nasir juga turut memberikan dukungan terhadap program tersebut. Ia berharap agar program tersebut bisa terus hadir dan kualitas pelayanan kesehatan tetap dapat dipertahankan.

Sebagai informasi tambahan penyebab paling banyak hingga mudah munculnya batu ginjal adalah karena kurangnya asupan air yang masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan jumlah mayoritas dalam tubuh adalah air. Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap hari sangatlah penting. Apabila asupan air yang masuk ke dalam tubuh kurang akibatnya mineral yang ada dalam tubuh akan mudah mengkristal.

Maka selalu disarankan untuk rajin minum air yang cukup atau minimal dua liter setiap harinya agar asupan untuk tubuh dapat terpenuhi. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga