Kesehatan

Satu Keluarga di Kota Serang Terkena Penyakit Kusta

- Advertisement -

KOTA SERANG,- Penjabat (Pj) Wali Kota Serang, Yedi Rahmat, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan terkait adanya satu keluarga di Kecamatan Kasemen Kota Serang yang diduga terkena penyakit kusta

Laporan tersebut diketahui, usai menghadiri acara pelayanan KB sejuta akseptor di Puskesmas Kasemen, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Selasa 4 Juni 2024.

Menanggapi hal, itu Yedi Rahmat mengungkapkan, pihaknya dengan cepat langsung memberikan instruksi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang serta berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kememkes) RI untuk mengobati penyakit yang diidap keluarga tersebut.

“Beberapa waktu lalu saya menerima laporan, ada satu keluarga yang beralamat di Kelurahan Terumbu yang terkena kusta. Kemudian dalam hal ini, saya langsung berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes untuk melakukan tindak lanjut,” kata Yedi saat dikonfirmasi usai kunjungan dengan Kemenkes RI, Kamis, (06/06)

Yedi berharap Pemkot Serang dan Pemerintah Pusat dapat bersinergi dengan baik untuk mengatasi masalah kesehatan, sehingga warga Kota Serang dapat memperoleh layanan kesehatan yang maksimal.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, Hasanuddin, sebanyak tujuh orang dalam satu keluarga yang menjalani pemeriksaan, tiga di antaranya positif mengidap penyakit kusta.

“Oleh karena itu kita obati dan sudah disiapkan obatnya untuk tiga orang ini. Jika itu hasil dari skin smear apakah benar itu kusta atau tidak, kita tetap siapkan antisipasinya,” ucap Hasanuddin.

Menurut Hasanuddin, penyakit kusta adalah penyakit yang dapat disembuhkan apabila penderita menjalani pengobatan dengan konsisten sampai tuntas. Oleh karena itu, pihaknya akan langsung mengobati warga yang positif mengidap kusta.

“Jadi kusta bukanlah penyakit kutukan seperti yang kerap dipikirkan orang-orang. Tapi kusta ini penyakit menular yang harus segera diobati agar tidak menyebar ke orang lain,” tutup Hasanuddin (Nani)

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga