Kesehatan

Kadinkes Baten Imbau Ibu Hamil Rutin Periksa Kehamilan

- Advertisement -

KOTA SERANG,-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti menghimbau kepada para ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan Ultrasonografi atau USG untuk mengetahui kondisi tertentu pada janin.

“Ibu hamil harus rajin dan rutin melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala pada bidan maupun puskesmas terdekat. Sebab dengan pemeriksaan rutin, maka potensi bahaya preeklampsia bisa dihindari,” kata Ati, Senin (22/04)

Ati menjelaskan pemeriksaan USG dapat menampilkan gambaran bagian dalam tubuh, sehingga bisa mengetahui kondisi dan tumbuh kembang janin dalam kandungan serta menunjang penilaian klinis yang tepat dan akurat.

“Sehingga dokter ataupun bidan dapat memastikan kondisi kehamilan, serta mempersiapkan rencana persalinan yang tepat bagi ibu,” katanya.

Selain itu, Ati juga meminta para ibu hamil melakukan pemeriksaan Antenatal Care (ANC) secara berkala minimal sebanyak 6 kali selama kehamilan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal.

“Ini diulang lagi, apakah kemarin yang kita lakukan tata laksana sudah ada jauh perbaikan karena kita akan mempersiapkan persalinan. Nah dari hasil pemeriksaan USG, bisa dilihat apakah nantinya persalinannya normal atau tidak” jelasnya.

Ati menjelaskan, untuk ANC kedua sampai ke empat, bisa dilakukan di bidang praktik atau dokter praktik. Sementara ANC kelima, Ati meminta para ibu hamil diwajibkan ke fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki sarana laboratorium dan USG.

“Jika tidak bisa melahirkan secara normal, maka ada perencanaan persalinan secara seksio jika seksio maka akan perencanaan persalinan rujukan ke rumah sakit,” jelas Ati.

Ati juga berharap, dengan perencanaan yang sudah dilakukan oleh pihaknya bisa menurunkan dan mencegah kematian ibu, dan para ibu hamil bisa melahirkan secara normal dan sehat. (ADV)

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga