Politik

Tujuh Mantan Napi Masuk DCS DPRD Banten

- Advertisement -

KOTA SERANG,- Sebanyak tujuh mantan Narapidana dinyatakan sebagai Daftar calon sementara (DCS) DPRD Banten telah ditetapkan oleh KPU Banten pada 18 Agustus 2023.

Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Ali Faisal menyebutkan, Bawaslu Banten menemukan ada tujuh mantan narapidana yang maju pada pencalonan DPRD Banten untuk Pemilu 2024.

“Kalau catatan kami ada 7, diantaranya mantan napi korupsi ada 5 dan 2 kasus pidana lainnya,” kata Ali Faisal saat dikonfirmasi melalui terlepon, Kamis (15/09)

Ali mengakatan, meski dikatakan sebagai mantan narapidana, semua persyaratan untuk mengajukan diri sebagai Bacaleg sudah terpenuhi dan telah melewati masa jeda selama 5 tahun.

“Walaupun mantan napi juga kan kalau waktunya sudah lebih dari lima tahun dan lain sebagainya sudah bisa. Jadi prinsipnya sudah memenuhi syarat pencalonannya jadi bisa mencalonkan diri,” jelasnya.

Menurut Ali Faisal, tujuh mantan narapidana tersebut tersebar di beberapa partai politik. Namun begitu, pihaknya tak menyebutkan secara spesifik mantan narapidana yang masuk kedalam DCS tersebut

“Nanti saya liat dulu ya, ada beberapa partai. Itukan ada di DCS, partainya ada beberapa,” ungkapnya.

Ali Faisal juga tidak mengetahui alasan KPU Banten tidak mempublikasikan mantan narapidana yang masuk kedalam DCS. Lantaran menurutnya, hal itu kakan menjadi kebijakannya berbeda dengan Bawaslu.(Nani)

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga