Nasional

Puncak Arus Mudik di Terminal Pakupatan Serang Diprediski Mulai H-3 Lebaran

- Advertisement -

KOTA SERANG,- Puncak arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah di Terminal Pakupatan, Kota Serang diprediksi akan terjadi pada H-3 Lebaran.

Kepadatan arus mudik lebaran tersebut akan terjadi seiring dengan jadwal hari libur nasional dan cuti bersama mulai dari 08 hingga 11 April 2024.

Kepala Terminal Pakupatan Kota Serang, Waluyo Dianto, mengatakan saat ini aktivitas di terminal relatif normal dan belum ada peningkatan penumpang yang signifikan.

“Untuk pemudik sejauh ini belum ada lonjakan yang signifikan. Untuk puncak arus mudik biasanya mengikuti hari libur dan cuti. Jadi asumsi kami biasanya di H-3 itu ada kenaikan yang signifikan,” kata Waluyo, Kamis (04/04).

Waluyo mengucapkan, penumpang yang menggunakan Bus AKAP ( Antar Kota Antar Provinsi) terhitung sejak 01 April 2024 mengalami penurunan sekitar 16 persen dari 2.350 orang menjadi 1.998 orang.

“Yang kita data itu kan yang naik di terminal. Karena ini terminal transit mobil datang sudah dengan penumpang dari Merak maupun Cilegon,” katanya.

Namun demikian, kata Waluyo, pihaknya telah mengantisipasi adanya lonjakan penumpang jelang mudik Lebaran, dengan mengerahkan puluhan personel di lapangan yang akan berjaga selama 24 jam.

“Untuk mengantisipasi adanya lonjakan, yang pertama dari awal kami sudah menginformasikan, kami sudah mempersiapkan PAM Lebaran dengan mempersiapkan 86 personel yang akan dibagi tiga sift selam 24 jam,” katanya.

Sementara itu, dari 94 perusahaan yang resmi terdaftar di Terminal Pakupatan terdapat 970 unit angkutan umum yang telsh tergabung pasca mudik lebaran Mendatang.

“Untuk armada tidak ada peningkatan karena memang kalau kenaikan penumpang sendiri itu biasanya mengikuti. Ketika hari itu ada kenaikan baru kita usulkan, tapi selama masih tertampung belum ada peningkatan maka tidak ada penambahan armada lagi,” ujarnya mengakhiri. (Nani)

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga