Bisnis

Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Kota Tangerang Alami Kenaikan

- Advertisement -

KOTA TANGERANG,- Dampak musim kemarau yang panjang, harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional di Kota Tangerang mulai mengalami kenaikan. Direktur Perumda Pasar Kota Tangerang, Titien Mulyani mengungkapkan komoditi pangan yang naik cukup siginifikan ialah cabai dan bawang.

“Kenaikan cukup tinggi pada cabai rawit merah, yang harga normalnya diangka Rp50 ribu per kilogram, kini naik diangka Rp80 ribu hingga Rp100 ribu per kilogramnya. Selain itu, kenaikan juga terjadi pada bawang merah dari semula harga terendah Rp25 ribu, saat ini naik diangka Rp35 ribu per kilogramnya,” ungkap Titien Mulyani, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/11/23).

Lanjutnya, kenaikan harga pangan juga terjadi pada bawang putih dengan kenaikan diangka Rp5 ribu hingga Rp10 ribu per kilogramnya. Sedangkan pada komoditi minyak, telur dan daging masih terpantau stabil disejumlah pasar di Kota Tangerang.

“Berapa penyebab kenaikan harga pangan ialah, faktor iklim dan Harga pupuk mahal. Sedangkan kenaikan harga beras yang masih tinggi sampai saat ini, juga dikarenakan kenaikan harga gabah dan jumlah produksi beras yang berkurang,” katanya.

Dijelaskan Titien, Perumda Pasar Kota Tangerang pun melakukan langkah-langkah penanganan. Diantaranya, melakukan monitoring, mencatat, dan menginformasikan perkembangan harga pangan setiap harinya. Melaksanakan kegiatan bazar sembako bersama UMKM, Pasar Lingkungan dan melibatkan Mobil Pasar Keliling atau biasa dikenal Si Jampang,” ungkap Titien.

Selain itu, kata Titien kini Si Jampang pergerakan juga sudah kian masif. Yakni, keliling hingga ke tingkat RT atau RW, melalui permohonan kelurahan atau kelompok masyarakat. Dimana sebelumnya, Si Jampang hanya keliling titik bazar, kecamatan atau kelurahan melalui bazar pangan murah bersama Disperindagkop UKM dan DKP Kota Tangerang, atau lembaga dan instansi lainnya.

Meminimalisir potensi naiknya pengeluaran dapur, Titien pun mengimbau masyarakat Kota Tangerang khususnya ibu-ibu sebelum berbelanja, untuk memantau harga-harga pangan termurah diseluruh pasar di Kota Tangerang, melalui website Perumda Pasar Kota Tangerang atau Instagram @perumdapasarkotatangerang. Diketahui, informasi harga pasar selalu update disetiap harinya.

“Jangan panic buying ditengah harga pangan yang berangsung naik. Ayo belanja bijak dengan pantau harga pasar lebih dulu, untuk dapat harga paling termurah. Disamping itu, diharapkan kenaikan harga bahan pangan akan melandai beberapa waktu ke depan, dengan mulai masuknya musim penghujan,” harapnya. (Crls)

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga