Nasional

Harga Cabai Tembus Hingga 90 Ribu Per Kg,  Mahfud Keluhkan Sepi Pembeli

- Advertisement -

KOTA SERANG,- Harga cabai di Pasar Induk Rau, Kota Serang, saat ini mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Kenaikan harga cabai ini sudah terjadi sejak satu bulan terakhir.

Harga cabai merah besar dan kriting per hari Selasa (14/11/2023) tembus hingga 80 ribu sampai 90 ribu per kilogram. Hal itu mengakibatkan banyak dikeluhkan oleh para pedagang di pasaran.

Salah satu pedagang Sayuran di Pasar Induk Rau, Mahfud mengatakan bahwa harga cabai mengalami kenaikan yang cukup signifkan. Saat ini harga cabai kriting berkisar Rp80 ribu hingga Rp85 ribu, cabai rawit Rp90 ribu.

“Biasanya paling Rp45 ribu hingga Rp55 ribu, paling murah itu Rp25 ribu hingga Rp30 ribu,”katanya, Senin (14/10)

Mahfud juga mengungkapkan bahwa kenaikan cabai dan komoditas lainnya sudah terjadi terjadi sejak satu bulan terakhir. Hal itu disebabkan oleh berkurangnya ketersediaan pasokan cabai.

Meski demikian, harga bawang merah di pasaran tidak bagitu mengalami kenaikan yang signifikan seperti pada harga cabai. dan untuk harga komoditi lainnya masih terbilang aman.

“Ada sebulan (harga cabai naik), yang mahal itu cabai, sayuran lain standar. Bawang merah naik sedikit Rp35 ribu biasanya Rp24 ribu, kalau yang lain aman lah” jelasnya.

Mahfud mengungkapkan, naiknya harga cabai di pasaran membuat sepi para pembeli. Sehingga dirinya harus rela membuang cabai daganganya karena busuk.

“Sejak harga cabai naik pembeli jadi sepi. Pernah buang cabai 2 hingga 3 kilo, karena mau dijual lagi tidak memungkinkan,,”

Terakhir Mahfud berharap harga cabai di pasaran bisa kembali normal, agar hal itu tidak banyak dikeluhkan baik dari penjual maupun lembeli.

“Pasokan standar, cuma harga naik. Harapannya harga bisa kembali stabil, bisa normal. Yang belanja juga berkurang dan imbasnya omset penjualan juga berkurang,” ujarnya mengakhiri. (Nani)

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga