Internasional

Arief Inginkan di NTT ada Tenaga Ahli Pengelola Cagar Alam

- Advertisement -

Kupang,impresinews.com,- Arief Mahmud, Kepala BBKSDA NTT punya semangat dan kecintaan luar biasa terhadap potensi Kawasan Sumber Daya Alam di NTT.

Hal itu karena NTT mempunyai keunikan dan kekhasan tersendiri sebagai kekayaan luar biasa alamnya dan pantas perlu dijaga supaya tetap lestari selamannya.

Karena itu Arief menghendaki agar ada ahli yang secara spefisik atau memiliki kompetensi khusus untuk menangani kekayaan kawasan sumbedaya alam NTT ini.

Ahli atau orang disebut ahli untuk Indonesia ukurannya kata Arif  dilihat dari jenjang pendidikan tertinggi, seperti doktor dibidang khusus.

Tenaga ahli tersebut ini yang menjadi bagian perhatian saya dalam rancangan pengelolaan cagar alam ke depan.

“Seperti reptile Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat belum ada tenaga ahli spefisik agar hewan ini tak terancam dari kepunahan. Kalau soal S1 banyak dan disebut ahli jika sudah sampai S3, ” ungkapnya.

Arief melanjutkan, mengingat PT. PLN punya program untuk Beasiswa Pendidikan sampai jenjang tertinggi, maka beliau berupaya melalui kerjasama perlu ada sumberdaya manusia yang punya keahlian yang fokus pada konservasi hewan Komodo.

Ia ingin mengajukan beasiswa yang menghasilkan doktor ahli komodo.

” Saya berharap ke depan NTT bisa memiliki ahli di bidang Komodo. Oleh karena itu kiranya perlu ada dukungan dari PLN untuk memberikan beasiswa tersebut,” harapnya.

Harapan dari Kepala BBKSDA NTT, Arief Mahmud karena kerjasama dengan PT. PLN selama ini dalam kurun waktu jangka panjang, kerjasama 10 tahun dan kerjasamanya kemungkinan masih bisa diperpanjang.

” Kerjasama ini jangka panjang selama10 tahun hingga tahun 2027. Dan kerjasamanya tentu diperpanjang karena peningkatan pembangunan listrik berjalan terus,” ujarnya.

“Sedangkan dengan anggaran tersedia kami terus membangun komunikasi. Mudah-mudahan ada jalan yang baik sehingga program jangka panjang dapat terlaksana bersama. Oleh karena itu kita perlu menyiapkan generasi muda yang memiliki keahlian di bidang komodo,”urai Arief menutupi keterangannya. (Arnold)

TINGGALKAN KOMENTAR

- Advertisement -

Baca Juga